Top Menu

Feature Post

statistics

Blog Archive

Search This Blog

Recent

Comment

Subscribe

Seacrh By Labels

Categories

Advertisement

Main Ad

WISATA WADUK GUNUNG ROWO

WADUK GUNUNG ROWO




Hasil gambar untuk waduk gunung rowo

Sejarah Waduk Gunung Rowo

Menurut catatan Kantor Dinas Permukiman dan Prasarana Daerah setempat, waduk ini dibangun semasa pemerintahan Belanda pada tahun 1928.

Kapasitas

Hasil gambar untuk waduk gunung rowo

Waduk Gunung Rowo memiliki luas +320 Ha dan mampu menampung air sekitar 5,5 juta meter kubik, sekaligus juga sebagai suplai bagi Waduk Seloromo. Dulu Waduk Gunung Rowo bersama Waduk Seloromo mampu mengairi sawah seluas sekitar 10.000 hektare, yang tersebar di wilayah Kecamatan MargorejoGembongWedarijaksaJuwanaTlogowungu, dan Pati.

Daya tarik

Hasil gambar untuk waduk gunung rowo
Selain sebagai sarana penampungan air, waduk ini juga berfungsi sebagai salah satu tempat tujuan wisata di kabupaten Pati meskipun belum dikelola dengan baik oleh pemerintah daerah setempat.

Di sebelah timur waduk ini terdapat tanggul penahan air yang sekaligus berfungsi sebagai jalan raya untuk kendaraan yang melintasi waduk. Bila kita berdiri di atas tanggul dan menghadap ke timur, kita bisa melihat Laut Jawa secara jelas apabila cuaca sedang dalam kondisi cerah.
Pada saat musim penghujan, air waduk ini akan naik volumenya akibat aliran dari 3 buah sungai yang menjadi sumbernya. Pada saat itu pada permukaan air waduk dapat kita saksikan keindahan dari pemantulan bayangan Gunung Muria yang menjadi latar belakangnya.
Lokasi waduk sangat mudah dijangkau dari Kota Pati sebagai ibukota kabupaten. Dengan banyaknya angkutan kota yang tersedia sampai sore hari, dengan satu kali naik angkutan (Jurusan Pati - Gunung Rowo) sampailah kita ke ujung jalan yang merupakan pintu masuk Waduk Gunung Rowo. Juga bagi yang membawa kendaraan pribadi akan mudah karena tidak banyak persimpangan yang harus di lalui dan hanya mengkuti satu jalan utama yang akan mengantar kita sampai ke lokasi.
Waduk ini berfungsi juga sebagai tempat bagi penduduk setempat yang mempunyai mata pencaharian sebagai nelayan di mana mereka biasa menjala ikan yang cukup melimpah di waduk ini. Tidak heran banyak penjual ikan olahan yang membuka warung di sekitar waduk dengan harga terjangkau.

DAN KINI ADA PERUBAHAN 
Kini waduk Gunung Rowo mengalami jebol tanggulnya sehingga mengalami kebocoran yang heboh, hingga air dalam waduk terkuras habis. 

Oleh karena itu diantaranya yaitu Kecamatan Wedarijaksa, Trangkil, Tlogowungu, Pati
Copyright © Alam Lestari Raya. Designed by OddThemes